SUARAWARGA Media didirikan oleh Perkumpulan Warga Jombang – Jawa Timur pada 24 Februari 2003. Perkumpulan Warga merupakan organisasi yang didirikan oleh para aktifis Lakpesdam NU Jombang, NGO, Mahasiswa, Petani, Pedagang Kaki Lima (PKL), Pengamen Jalanan, Tukang Becak dan Pemulung di Kabupaten Jombang yang bertujuan untuk mengkampanyekan nilai-nilai Hak Asasi Manusia (HAM), Demokrasi, Keadilan, Pemberdayaan dan Pluralisme.
Dalam menyelenggarakan dan mengembangkan program jurnalistik, SUARAWARGA Media menggunakan konfigurasi media radio, internet dan cetak. Beberapa media yang tergabung dalam Group SUARAWARGA Media meliputi:
1. Radio Komunitas Suara Warga (channel radio FM, 107.7 MHz dan radio streaming www.radio.suarawarga.info)
2. Koran Selembar Suara Warga (Kobar Warga); Diterbitkan pada setiap hari Selasa dan Jum’at.
3. Website & Televisi Online; www.suarawarga.info & www.televisi.suarawarga.info
1. Radio Komunitas Suara Warga (channel radio FM, 107.7 MHz dan radio streaming www.radio.suarawarga.info)
2. Koran Selembar Suara Warga (Kobar Warga); Diterbitkan pada setiap hari Selasa dan Jum’at.
3. Website & Televisi Online; www.suarawarga.info & www.televisi.suarawarga.info
Jurnalisme yang dikembangkan SUARAWARGA Media adalah jurnalisme movement and social responsibility atau jurnalisme gerakan dan tanggung jawab sosial yang berpijak pada tiga pilar, yakni; Pemberdayaan, Demokrasi dan Pluralisme.
VISI
Terwujudnya masyarakat plural yang kritis, mandiri, egaliter, berdaya dan mampu memperjuangkan hak haknya.
MISI
1. Mendeseminasi dan memediasi informasi yang berimbang dan berbasis kebutuhan komunitas.
2. Mengembangkan wacana kritis masyarakat terhadap problem-problem yang terjadi baik dari sektor ekonomi, pertanian, pendidikan, social & budaya, politik, kebijakan public, Hak Asasi Manusia (HAM) serta perempuan dan anak.
3. Berperan sebagai media kontrol dan partisipasi publik dalam pembuatan dan implementasi kebijakan daerah yang pro rakyat dan adil.
4. Mendorong dan mendukung terciptanya keadilan dan perdamaian di masyarakat
ARAH MANAGEMEN
Berjalannya semua fungsi, secara efektive konvergensi media radio, kobar warga, website dan televisi online.
Syarat kapasitas untuk menuju arah tersebut:
1. Memahami posisi arah, posisi dan peran SUARAWARGA Media
2. Setiap crew memiliki keahlian spesifik yang berguna bagi eksistensi media.
3. Supporting sistem yang kuat Terpenuhinya semua fungsi sistem konfigurasi media.
USAHA/AKTIFITAS ORGANISASI
1. Organisasi bergerak melalui penerbitan informasi melalui media cetak, radio dan website.
2. Menyelenggarakan program jurnalistik yang berimbang berbasis kebutuhan masyarakat.
3. Menjalin kerjasama dengan pihak lain untuk mengembangkan SUARAWARGA Media.
STRATEGI JURNALISTIK
Demi mewujudkan visi & misi, maka strategi jurnalistik yang dikembangkan adalah jurnalisme movement and social responsibility atau jurnalisme gerakan dan tanggung jawab sosial yang berpijak pada tiga pilar, yakni; Pemberdayaan, Demokrasi dan Pluralisme.
VISI
Terwujudnya masyarakat plural yang kritis, mandiri, egaliter, berdaya dan mampu memperjuangkan hak haknya.
MISI
1. Mendeseminasi dan memediasi informasi yang berimbang dan berbasis kebutuhan komunitas.
2. Mengembangkan wacana kritis masyarakat terhadap problem-problem yang terjadi baik dari sektor ekonomi, pertanian, pendidikan, social & budaya, politik, kebijakan public, Hak Asasi Manusia (HAM) serta perempuan dan anak.
3. Berperan sebagai media kontrol dan partisipasi publik dalam pembuatan dan implementasi kebijakan daerah yang pro rakyat dan adil.
4. Mendorong dan mendukung terciptanya keadilan dan perdamaian di masyarakat
ARAH MANAGEMEN
Berjalannya semua fungsi, secara efektive konvergensi media radio, kobar warga, website dan televisi online.
Syarat kapasitas untuk menuju arah tersebut:
1. Memahami posisi arah, posisi dan peran SUARAWARGA Media
2. Setiap crew memiliki keahlian spesifik yang berguna bagi eksistensi media.
3. Supporting sistem yang kuat Terpenuhinya semua fungsi sistem konfigurasi media.
USAHA/AKTIFITAS ORGANISASI
1. Organisasi bergerak melalui penerbitan informasi melalui media cetak, radio dan website.
2. Menyelenggarakan program jurnalistik yang berimbang berbasis kebutuhan masyarakat.
3. Menjalin kerjasama dengan pihak lain untuk mengembangkan SUARAWARGA Media.
STRATEGI JURNALISTIK
Demi mewujudkan visi & misi, maka strategi jurnalistik yang dikembangkan adalah jurnalisme movement and social responsibility atau jurnalisme gerakan dan tanggung jawab sosial yang berpijak pada tiga pilar, yakni; Pemberdayaan, Demokrasi dan Pluralisme.
Dengan mengembangkan strategi diatas, SUARAWARGA Media diharapkan mampu:
1. Menyajikan berita-berita yang dapat dipercaya, lengkap dan cerdas serta memberikan makna.
2. Berfungsi sebagai forum pertukaran komentar dan kritik yang objektif.
3. Memproyeksikan gambaran yang benar-benar mewakili dari kelompok-kelompok konstituen dalam masyarakat.
4. Menjadi instrument pendidikan dan perjuangan bagi masyarakat yang bertanggung jawab.
5. Menjadi media yang bisa mendistribusikan berita dan opini secara luas.
Dalam menjalankan program jurnalistiknya, SUARAWARGA Media tetap berpegang teguh pada Kode Etik Jurnalistik (KEJ).
ISU STRATEGIS
Sebagai media komunitas, isu-isu strategis yang dikembangkan SUARAWARGA Media, antara lain adalah:
1. Penguatan nilai-nilai Demokrasi dan HAM
2. Kebijakan Publik tingkat Lokal
3. Penguatan Keberdayaan Pertanian
4. Peningkatan Transformasi nilai agama
5. Kesehatan Masyarakat
6. Pendidikan
7. Ekonomi, politik social dan budaya.
PENDANAAN
Pendanaan SUARAWARGA Media berasal dari:
1. Kerjasama program
2. Iklan/Sponsor
3. Sumbangan dari Pihak lain yang tidak mengikat
PERKEMBANGAN MEDIA
1. Radio Komunitas Suara Warga
a. Komunitas dan Pendengar
Jumlah pendengar Radio Komunitas Suara Warga pada akhir tahun 2009 mencapai 7.000 orang. Sedangkan komunitas yang menjadi pendengar dan mempunyai peran aktif dalam keberlangsungan siaran radio komunitas Suara Warga FM, yaitu :
· Petani
· Tukang Becak
· Pemulung
· Pedagang Pecel
· Pedagang Kaki Lima
· Guru
· Siswa
b. Pola partisipasi komunitas
· Penjajakan kebutuhan program komunitas dilakukan melalui kegiatan off air, diskusi rutin, temu fans/komunitas tanggal 15 setiap bulan
· Pertanggungjawaban aspirasi program juga dilakukan di tanggal 15 setiap bulan.
c. Pola Acara Siaran
Radio Suara Warga FM disiarkan dengan beberapa macam pola siaran, yaitu :
· Talkshow
· Interaktif
· Pembacaan berita
2. Koran Selembar Suara Warga
a. Jumlah Cetak : 1000 eksemplar
b. Waktu terbit : Hari Selasa dan Jum’at
c. Edisi : akhir Januari 2010, jumlah edisi 189
d. Segmen pembaca : Petani, Tukang Becak, Pemulung, PKL, Pedagang Kaki Lima, Guru pelajar, pejabat pemerintahan, dan masyarakat umum lainnya.
3. Website dan Televisi Online
a. Alamat situs : www.suarawarga.info, www.televisi.suarawarga.info,
b. Data Pengunjung :
Year Unique visitors Number of visits
2008 8608 17499
2009 5473 12412
January 2010 403 569
STRUKTUR ORGANISASI
Pendiri : Perkumpulan Warga Jombang
Dewan Penasehat Komunitas : Muhammad Hasyim, Muhammad Taufiq, Muhammad Subhan
Direktur : Muhammad Syafi’i
Pengembangan SDM & Jaringan : Noor Chasanah
Marketing : Anis Purwanti
Keuangan : Ika Yuni Astuti
Administrasi :Dewi Masyithah
Teknisi : Taufiqurrahman
Dewan Redaksi :Muhammad Hasyim,Muhammad Syafi’i
Reporter : Eka Rimawati, Wahib Muthalib
Produksi : Mudofir, Fatkhurrahman Sanusi,Hasbiyalloh Darajat
Penyiar : Nesa,Keke Riani,Ana Nasya, Devi
1. Menyajikan berita-berita yang dapat dipercaya, lengkap dan cerdas serta memberikan makna.
2. Berfungsi sebagai forum pertukaran komentar dan kritik yang objektif.
3. Memproyeksikan gambaran yang benar-benar mewakili dari kelompok-kelompok konstituen dalam masyarakat.
4. Menjadi instrument pendidikan dan perjuangan bagi masyarakat yang bertanggung jawab.
5. Menjadi media yang bisa mendistribusikan berita dan opini secara luas.
Dalam menjalankan program jurnalistiknya, SUARAWARGA Media tetap berpegang teguh pada Kode Etik Jurnalistik (KEJ).
ISU STRATEGIS
Sebagai media komunitas, isu-isu strategis yang dikembangkan SUARAWARGA Media, antara lain adalah:
1. Penguatan nilai-nilai Demokrasi dan HAM
2. Kebijakan Publik tingkat Lokal
3. Penguatan Keberdayaan Pertanian
4. Peningkatan Transformasi nilai agama
5. Kesehatan Masyarakat
6. Pendidikan
7. Ekonomi, politik social dan budaya.
PENDANAAN
Pendanaan SUARAWARGA Media berasal dari:
1. Kerjasama program
2. Iklan/Sponsor
3. Sumbangan dari Pihak lain yang tidak mengikat
PERKEMBANGAN MEDIA
1. Radio Komunitas Suara Warga
a. Komunitas dan Pendengar
Jumlah pendengar Radio Komunitas Suara Warga pada akhir tahun 2009 mencapai 7.000 orang. Sedangkan komunitas yang menjadi pendengar dan mempunyai peran aktif dalam keberlangsungan siaran radio komunitas Suara Warga FM, yaitu :
· Petani
· Tukang Becak
· Pemulung
· Pedagang Pecel
· Pedagang Kaki Lima
· Guru
· Siswa
b. Pola partisipasi komunitas
· Penjajakan kebutuhan program komunitas dilakukan melalui kegiatan off air, diskusi rutin, temu fans/komunitas tanggal 15 setiap bulan
· Pertanggungjawaban aspirasi program juga dilakukan di tanggal 15 setiap bulan.
c. Pola Acara Siaran
Radio Suara Warga FM disiarkan dengan beberapa macam pola siaran, yaitu :
· Talkshow
· Interaktif
· Pembacaan berita
2. Koran Selembar Suara Warga
a. Jumlah Cetak : 1000 eksemplar
b. Waktu terbit : Hari Selasa dan Jum’at
c. Edisi : akhir Januari 2010, jumlah edisi 189
d. Segmen pembaca : Petani, Tukang Becak, Pemulung, PKL, Pedagang Kaki Lima, Guru pelajar, pejabat pemerintahan, dan masyarakat umum lainnya.
3. Website dan Televisi Online
a. Alamat situs : www.suarawarga.info, www.televisi.suarawarga.info,
b. Data Pengunjung :
Year Unique visitors Number of visits
2008 8608 17499
2009 5473 12412
January 2010 403 569
STRUKTUR ORGANISASI
Pendiri : Perkumpulan Warga Jombang
Dewan Penasehat Komunitas : Muhammad Hasyim, Muhammad Taufiq, Muhammad Subhan
Direktur : Muhammad Syafi’i
Pengembangan SDM & Jaringan : Noor Chasanah
Marketing : Anis Purwanti
Keuangan : Ika Yuni Astuti
Administrasi :Dewi Masyithah
Teknisi : Taufiqurrahman
Dewan Redaksi :Muhammad Hasyim,Muhammad Syafi’i
Reporter : Eka Rimawati, Wahib Muthalib
Produksi : Mudofir, Fatkhurrahman Sanusi,Hasbiyalloh Darajat
Penyiar : Nesa,Keke Riani,Ana Nasya, Devi